Cari Blog Ini

Senin, 01 November 2010

Seberapa Besar Kita Memahami Diri ?

Bismillah ...........



Tahu Diri ?
Tahu Posisi ?
Tahu Arti Diri dan Posisi ?

Dalam sebuah kehidupan tentunya kita memiliki tujuan yang menjadi "kudangan atau harapan" setiap insan, baik harapan secara individu, keluarga maupun bersama (bisa organisasi atau lebih umum lagi  masyarakat).
Ingat kehidupan jangan dipersepsikan "dunia" belaka namun "akhirat" juga disebut kehidupan.

"Selamat dunia dan akhirat inilah tujuan kehidupan sebenarnya"

Kembali ke 3 pertanyaan awal.
1. Tahu Diri mengandung maksud :
  •     Betul-betul paham, mengerti, dan tahu siapakah diri saya, artinya ada beberapa hal didalamnya antara lain :  Kekurangan saya, kelemahan saya, kemampuan dan kelebihan saya
2. Tahu Posisi mengandung maksud bahwa ada beberapa hal didalamnya yang secara reflek dan sadar melekat kuat didalam hati serta fikiran kita antara lain :
  • Saya sebagai hamba Allah SWT.
  • Saya sebagai ummat pengikut Rasulullah Muhammad SAW.
  • Saya sebagai anak dari orang tua saya
  • Saya sebagai kakak/ adik saudara-saudara saya
  • Saya sebagai suami/ istri saya
  • Saya sebagai partner kerja/teman orang lain
  • Saya sebagai yang memiliki pekerjaan (karyawan/guru/siswa dll)
  • Saya sebagai bawahan
  • Saya sebagai atasan
3. Tahu Arti Diri dan Posisi mengandung maksud :
Sebagai wujud kefahaman semuanya baik point 1 dan 2 maka seseorang harus berani melakukan hal-hal sebagai berikut :
  • Cobalah berkata "Maaf" jika bersalah dibarengi dengan perubahan ke arah lebih baik
  • Cobalah berkata "Terima kasih" jika dibantu seseorang
  • Cobalah berkata "Saya siap membantu semampu saya" jika ada orang yang membutuhkan pertolongan
  • Berkatalah : "Subhanallah" jika melihat sesuatu yang menakjubkan
  • Berkatalah : "Alhamdulillah" jika mendapat kenikmatan
  • Berkatalah : "Innalillahi wa innaillahi rooji'un" jika mendapat musibah
  • Berkatalah : "Astaghfirullah" jika merasa berbuat salah
Artikel ini dibuat dengan semangat "Berlomba-lomba dalam hal kebaikan".
Mari kita bersama-sama belajar tanpa henti dan jangan puas dengan hasil sekarang.

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar